Teknologi




1 Dekade Perjalanan Iphone




Iphone adalah ponsel pintar yang di desain dan di pasarkan oleh  perusahaan multinasional yang berpusat di California, Amerika. Bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi, yaitu Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.). Tidak seperti ponsel pintar lainnya seperti Samsung, Sony, LG, Xiaomi, Huawei  yang menggunakan sistem operasi besutan Google yang kita kenal sebagai Android. Iphone menggunakan sistim operasi untuk ponsel yaitu IOS atau "iphone OS".

Sejarah iPhone dimulai saat Steve Jobs, CEO Apple Inc. memerintahkan seluruh tenaga ahli perusahaan untuk mempelajari lebih mendalam tentang teknologi layar sentuh. Pengembangan iPhone itu sendiri dimulai 8 tahun sebelum iPhone pertama diluncurkan di pasaran. Apple mengumumkan rencana mereka untuk berinvestasi dalam bisnis telepon genggam.

Pada tanggal 29 Juni 2007 saat mereka memutuskan untuk terang-terangan terjun ke dalam arus persaingan bisnis telepon genggam. Apple ingin menjadikan iPhone adalah telepon genggam yang menggabungkan fitur entertainment iPod dengan fungsi komunikasi seperti layaknya sebuah telepon genggam. Iphone yang pertama yang di rilis yaitu iPhone 2G memakai kamera berukuran 2 megapixel untuk memotret. Pada akhir tahun 2007, iPhone sukses menjual lebih dari 3 juta unit iPhone generasi pertamanya itu



iPhone (2007)




Steve Jobs mengumumkan iPhone pada tanggal 9 Januari 2007. Perangkat yang di kemudian hari jadi andalan Apple ini mulai beredar di Amerika pada tanggal 29 Juni 2007. Saat dirilis, iPhone belum bisa mengirim MMS, melakukan copy paste, dan beberapa fungsi lain. handphone ini juga mendapat kritik karena tidak bisa terhubung dengan layanan 3G.


iPhone 3G (2008)


Apple mengumumkan iPhone 3G pada tanggal 9 Juni 2008. Spesifikasinya mirip dengan pendahulunya, tapi generasi kedua ini sudah mendukung koneksi 3G. Sistem operasi iPhone OS 2.0 memperkenalkan App Store pada penggunanya.

iPhone 3GS (2009)



Apple memperkenalkan iPhone 3GS pada tanggal 8 Juni 2009. Paul Schiller menyebut ‘S’ sebagai ‘Speed‘. Setelah dirilis, handphone ini sempat mendapat keluhan tentang warna bodi memudar entah karen apanas atau gesekan dengan benda lain.



iPhone 4 (2010)

Apple mengumumkan iPhone 4 pada 7 Juni 2010. iPhone 4 memperkenalkan frame stainless steel dengan bodi dari kaca, Retina Display, dan sistem multi-tasking. Setelah dirilis, handphone ini sempat mendapat keluhan soal masalah antena (hilang sinyal).



iPhone 4s (2011)



Apple mengumumkan iPhone 4S pada 4 Oktober 2011. Huruf ‘S’ (besar) kemudian berubah menjadi ‘s’ (kecil) pada September 2013. Huruf ‘S’ tersebut hadir mewakili Siri yang pertama kali hadir. iPhone 4s juga memperkenalkan iCloud, iMessage, Notification Center, dan Reminder.



iPhone 5 (2012)



Apple memperkenalkan iPhone 5 pada tanggal 12 September 2012. Handphone ini merupakan iPhone pertama yang dibuat di bawah pimpinan Tim Cook, dan iPhone terakhir yang diawasi Steve Jobs. iPhone 5 merubah dimensi layar dengan menambah baris ke-5 di jajaran ikon di layar.


iPhone 5s (2013)



Apple memperkenalkan iPhone 5s pada 10 September 2013. Handphone ini merupakan generasi pertama dengan varian warna emas dan Touch ID sebagai autentifikasi sidik jari. iPhone 5s juga menandai perubahan desain iOS dengan warna yang lebih cerah dan desain flat.


iPhone 5c (2013)



iPhone 5c diperkenalkan Apple pada 10 September 2013. Handphone ini menggunakan polikarbonat sebagai pembungkus bodi. Kritik bermunculan sehubungan dengan pilihan materi bodi tersebut. iPhone 5c sering dianggap sebagai iPhone yang gagal.


iPhone 6 (2014)



Apple mengumumkan iPhone 6 pada 8 September 2016. Handphone ini memperkenalkan pengunaan NFC di iPhone sebagai sarana pembayaran. Walau sukses, iPhone 6 terkena skandal yang disebut “Bendgate“. Bodinya mudah bengkok dalam tekanan. Selain itu, ada beberapa kendala lain yang menjangkiti handphone ini (error 53, touch screen, dll).



iPhone 6 Plus (2014)



iPhone 6 Plus merupakan handphone Apple pertama yang menjadi varian ukuran lebih besar. iPhone 6 Plus diumumkan bersama iPhone 6 dan juga mengalami skandal yang sama.



iPhone 6s (2015)


Apple memperkenalkan iPhone 6s pada 12 September 2015. Menjawab skandal “Bendgate“, handphone ini memiliki chassis yang diperkuat. iPhone 6s juga memperkenalkan layar Retina HD, fitur 3D Touch dan Live Photos untuk pertama kali. Walau sukses, Apple menemui penurunan penjualan iPhone pertama kali di era iPhone 6. Hal ini terutama disebabkan karena harga yang semakin mahal dan pilihan iPhone yang terlalu banyak (dengan beda cukup tipis).


iPhone 6s Plus (2015)


iPhone 6s Plus merupakan varian yang lebih besar dari iPhone 6. Selain ukuran, tidak banyak perbedaan antara handphone ini dengan saudara kembarnya.


iPhone 7 (2016)


Apple memperkenalkan iPhone 7 pada 7 September 2016. Secara keseluruhan, desain handphone ini mirip dengan pendahulunya. Namun iPhone 7 tidak memiliki colokan audio 3,5 mm, dan menawarkan Airpods sebagai earphone Bluetooth. Hal ini memicu kritik pedas dari penggunanya. iPhone 7 juga merupakan handphone Apple pertama dengan sertifikasi IP67 tahan air dan debu.


iPhone 7 Plus (2016)


iPhone 7 Plus diperkenalkan bersamaan dengan iPhone 7. Handphone ini merupakan yang pertama dalam sejarah iPhone yang menggunakan kamera ganda.



iPhone SE (2016)


iPhone SE diumumkan pada 21 Maret 2016. Handphone ini menjadi penerus iPhone 5s. Terutama karena dimensi dan desain handphone. Walau begitu, handphone ini mendapat kemampuan yang diturunkan dari iPhone 6s. Secara umum iPhone SE mendapat tanggapan positif.


iPhone 8 (2017)

Apple mengumumkan iPhone 8 pada 12 September 2017. Handphone ini memperkenalkan layar Retina HD dengan True Tone. iPhone 8 menandai kembalinya Apple ke desain bodi metal dan kaca. Hal ini memungkinkan iPhone memiliki fitur wireless charging untuk pertama kali.



iPhone 8 Plus (2017)



iPhone 8 Plus sebagai varian yang lebih besar dari saudara kembarnya, memiliki kelebihan di kamera ganda. Selain itu tidak banyak perbedaan dengan iPhone 8.



iPhone X (2017)



iPhone X (ten) diperkenalkan pada 12 September 2017. Apple memiliki visi untuk kembali melakukan revolusi smartphone. Visi itu hadir di berbagai fitur iPhone X, seperti: Layar penuh, TrueDepth Camera, dan Face ID. Face ID menjadi autentifikasi biometrik yang menggantikan Touch ID. Handphone ini juga merupakan yang pertama dalam sejarah iPhone dengan panel layar OLED. Bersama dengan sistem TrueDepth Camera dan Face ID, iPhone X juga memperkenalkan animasi emoji yang bernama AniMoji.


sumber - sumber :

https://macpoin.com/1328/inilah-evolusi-iphone-dari-masa-ke-masa/

https://www.apple.com/id/




Komentar